Selasa, 02 Januari 2024

Hawa dan Pesonanya


Hawa dan Pesonanya




Malam ini (29 November) setahun yang lalu. Mereka pentas 29an langen beksan sangalikuran. Sebuah agenda Kompetensi Keahlian Seni Tari yang dilakukan satu bulan sekali.

Malam ini tepat setahun mereka kembali pentas di sebuah tampilan berjudul Hawa. Karya garapan yang mengekplorasi gerak sebagai ungkapan gejolak para perempuan. Gerakan-gerakan ritmis dipadu dengan gerak ekpresif menjadi pertunjukan yang enak ditonton.
Penonton dibawa ke emosi-emosi gerak berirama. Kadang hentakan penuh kejut. Pada irama berikutnya gemulai penuh kelembutan kaum hawa dengan segala pesonanya. Penjiwaan peran lewat tarian membuat lima seniman tari muda ini seperti mengaduk-aduk perasaan penontonnya.
Mereka menguasai panggung dan menjadikannya sebagai hamparan ruang ekspresi yang tak terbatas. Gerak dieksploitasi menjadi suguhan yang indah. Wawi, Laila, Tassya, Via, dan Saski berhasil menerjemahkan ekspresi gerak ke dalam ruang-ruang penghayatan 'keperempuanan'.
Pertunjukan semalam sudah menghibur penonton dengan sajian yang memang layak dinikmati. Terlepas apakah setiap mereka yang terkagum juga mencerna makna yang hendak disampaikannya. Yang jelas ada penonton youtube yang menyaksikan pementasan itu dengan sangat tegang. Dari awal hingga akhir pertunjukan.
Rebo Wage, 29 November 2023.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar